Tuesday, June 19, 2012
sedikit preview mengenai job2
saya sudah hampir nyoba smua job sampe lvl 100++ dan begini kesimpulan saya: (kecuali hunter dan cleric support)
1. Craftman
hemat dalam artian punya skill cook, dps tidak segede job laen. Emang untuk awal2 critnya ga nguatin, tapi untuk hunt lvl 100++ meski bonus exp lebih besar bakal susah ngejar exp/hour job2 laen.. kesimpulannya bagi yang suka maen tempa2 aja recomended buat job ini.. kalo yang niat full hunting lebih baik jangan, karena demolotionist pun kemampuan battlenya masih cenderung lebih lemah dari job 2 lain

2. Mage
sekilas bocor pot ap, tapi merupakan job DD terkuat di seal untuk lawan bale.. Mage lvl 98-105an sudah bisa nge hit sampai 15k di nerais dengan senjata yang tepat (colok ga berlebihan). Tapi tempat hunting sedikit terbatas mengingat mage memiliki deff yang roti dan gak bisa ditaruh di tempat2 yang sempit dengan banyak kumpulan momon (kecuali party knet dan cleric). Overall mage juga cepet kaya, karena damage besar=dps tinggi=kill momon cepet=drop an equip melimpah (terbukti dari pengalaman pribadi). Nda butuh drop langkah pun mage juga cepet kaya.. Equip juga ga perlu aneh2 (ane pake set2an dan acc QBW.G+7)

3. Warrior
Untuk tipe slice, damage yang dihasilkan tidak sedikit, tapi dalam realisasinya warrior bisa dibilang merupakan job terbocor kalau anda salah dalam memilih tempat hunt.. karena warrior memiliki ap consumption yang paling besar diantara job meele lainnya, warrior juga memiliki deff yang rada lembek (apalagi kalo maen BGM dan scuba). Overall warrior tidak di recommended untuk first char.. tapi kalo char anda memang hoqi dalam hal drop rare, ya silahkan saja.

4. Jester
Dart mahal? 1 stack cuma 9k bro. Jika anda mau jadi tipe full int, harus sedia banyak cegel yang nda mungkin bisa didapatkan oleh orang yang bermain jester sebagai main char (equip katalis, clana kostum A8-10,etc), kecuali ada 2nd char penyedia cegel. Untuk tipe hybrid atau set2an juga damage tidak sedalem tipe full int, sehingga kemungkinan diserang momon lumayan tinggi. Tpi klo sudah jadi gambler/assasin saya rasa semua keluhan mengenai pot bisa terbayar mengingat gambler ada skill yg menambah range dan black jack nya ga nguatin dan anda tau sendiri ngerinya assasin. Jester merupakan DPS-er ter stabil yang saya tau..sekaligus terbesar.. Tapi ya itu.. kalo emank niat beken jester, sediakanlah cegel terlebih dahulu..

5. Knight
bisa dibilang juga merupakan job yang hemat dan mesin penghasil cegel. Equip cukup pake set2an dan acc bisa pake wing/BT/KST sesuai cara bermain anda. Cobalah untuk hunt di tempat yang paling tidak hanya bisa menghit anda sampai angka30, sehingga anda tidak terlalu bocor hp pot saat mob (kecuali ada priest).. Well overall kerjaan tipe mob lumayan membosankan, karena cuma muter2 narik momon, GC, DC, HP, jduar2, pick barang... (ya mungkin anda gak akan bosan kalo yg di pick equip/rare).. jangan sungkan2 untuk ngehunt di momon yang lvlnya di bawah anda karena anda tipe mobber yang expnya jauh lebih besar dari kill 1-1.. untuk tipe impact saya no comment karena ga pernah coba.. tapi dari testimoni temen2 tipe impact lebih fokus aspd dan ga maen set2an (avi boots.G dan BGM)

6. Cleric
Job terakhir yang baru saya coba. Cleric BATTLE adalah job terhemat yang pernh saya tau. Dari lvl 1 - skarang saya masih bawa stock herb 300 biji dan ga abis2.. ap yang sebesar 1700 bisa penuh dengan 1 menit kurang tidur.. Self cure lvl 5 menyembuhkan hampir 80% max hp dan hanya membutuhkan 31 AP! dan hp expansion membuat hp anda semakin badak. equip juga usahakan pake set2an untuk meminimalisirkan damage.. dan kalo bisa carilah deff opt campur aspd seihngga gepukan anda tidak lemot2 banget. Untuk acc masih prefer KST/BT daripada wing.. cobalah untuk mengambil skill party buff untuk brjaga2 apabila tidak ada cleric support di party.. Sediakan Snowflake/QBW+7 untuk ngebuff.. buffnya ga jelek2 amat kok.. tapi mungkin job ini cukup membosankan bagi anda2 yang terbiasa maen skill karena job ini lebih bermain combo daripada skill (saya sngaja ga ambil giant swing, biar ga sering2 tdr u/ recov sp...
untuk equip cleric yang merasa full int/full str sebenernya masih bisa pake set2an dan ga harus ber katalis.. caranya, pada saat di unison, status nya dibuat status equip, equip dipake dan keluar dari unison, alhasil meski status di server normal full str/int tetep bisa pake baju set2an.. well.. meski cuma bisa pake cara ini seminggu 1x hehehe

smoga membantu bagi agan2 skalian yang bingung mau bikin job apa..

NB: Bagi yang udah pake equip ber status di unison, di server normal jangan dilepas yaa.. ntar gak bisa dipake lagi soalnya hehehe..
Deskripsi job yang ada saya buat berdasar PvE bukan PvP karena saya rada gak suka PvP, demennya sama bale aja


sumber

0 komentar: